Pramuka Minggu Ketiga : Makna Dasa Dharma



Materi yang ajarkan oleh bapak Susilo selaku pembina pramuka jum'at sore (29/08) adalah mengenal makna dari Dasa Dharma kesatu dan kedua"Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cinta Alam Dan Kasih Sayang Sesama Manusia".

Apapun agamanya berhak mengikuti acara kepramukaan, pramuka tidak membeda-bedakan agama, suku, dan etnis. Begitu juga dengan mencintai alam, alam juga makhluk hidup sama seperti manusia, jika manusia pernah mengalami sakit hati alampun demikian, seperti contoh yang dialami oleh propinsi Riau beberapa waktu yang lalu terjadi kebakaran hebat yang mengakibatkan asap tebal, kualitas udara memburuk, warga terkena berbagai macam penyakit. 

Itu semua diakibatkan oleh manusia itu sendiri yang bukan merugikan dirinya tapi juga orang lain terkena dampaknya. Sebagai seorang pramuka sejati tentunya bisa berpikir dengan logika yang cerdas bisa membedakan antara yang baik dan buruk. Jika kita selalu menyanyangi alam tentunya alam juga akan berbuat baik kepada kita, seperti pohon-pohon yang ada di tengah perkotaan, alam mengorbankan dirinya untuk menghisap polusi kendaraan yang berlalu lalang setiap detiknya, dampaknya sangat positif bagi kehidupan. Begitulah alam .

Sebelum upacara penutupan para siswa seperti biasa latihan baris berbaris (PBB) sebagai modal  awal bagi siswa untuk bisa menjadi utusan PASKIBRAKA ditingkat kecamatan di tahun yang akan datang.

Insyaallah jika tidak ada kendala, pihak sekolah akan mendatangkan narasumber dari TNI untuk memberikan motivasi dan kedisplinan kepada siswa minggu depan. Hal demikian sudah disampaikan oleh bapak Susilo dan  telah disetujui oleh kepala sekolah.

Pramuka Minggu Ketiga : Makna Dasa Dharma Pramuka  Minggu Ketiga : Makna Dasa Dharma Reviewed by SMK LPMD KABUN on 00.10.00 Rating: 5