Memahami Dasa Darma

Kegiatan rutin mingguan esktrakurikuler pramuka yang bersifat wajib dilakukan oleh setiap sekolah sesuai dengan kurikulum 2013, memasuki minggu keempat latihan pramuka (05/09) dibuka dengan apel pembukaan di area lahan gedung baru jl. sei pisang.

Seperti biasa selesai apel pembukaan siswa diperkenankan istirahat sepuluh menit,  disaat teriknya matahari mencapai33 0C saat apel pembukaan. 

Melanjutkan pembahasan materi berikutnya memahami makna dari dasa dharma ketiga, keempat, kelima, dan keenam yaitu :

3. Patriot yang sopan dan kesatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela Menolong dan tabah
6. Rajin, terampil dan gembira

Seorang praja muda yang baik  adalah mengenal bangsanya mencintai bangsa dan negaranya melebihi cinta kepada dirinya sendiri penuh dengan kesopanan, santun, luhur budi pekertinya  sesuai dengan prioritas utama visi sekolah membentuk siswa yang berbudi luhur baik kepada keluarganya, masyarakat, sekolah, bangsa, negara, dan agamanya.

Patuh atau rasa hormat bisa dicerminkan melalui diri sendiri dan sesama teman, apalagi dengan keluarga, jika terjadi masalah bisa diselesaikan dengan baik melalui musyawarah.

Menolong adalah kewajiban setiap manusia membantu yang lain untuk meringankan suatu masalah yang dihadapi oleh orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun

Dalam masalah kegiatan belajar, seorang siswa hendaknya rajin membaca buku-buku mata pelajaran yang telah dijelaskan oleh guru disekolah kemudian di ulang kembali dirumah, artinya rajin membaca, jika di rumah kita bisa membantu orangtua kita bekerja selagi pekerjaan tersebut sanggup kita lakukan itulah beberapa arti dari dasa dharma yang tujuannya untuk kepentingan manusia sendiri untuk kebaikan bersama.

Penyampaian materi selesai siswa kembali istirahat lima menit, setelah itu dilanjutkan dengan baris berbaris melalui kelompoknya masing-masing .

Kehadiran siswa saat latihan jum'at sore bisa dikatakan mencapai 100 % hanya beberapa siswa saja yang berhalangan hadir ujar pak Susilo selaku pembina.
Memahami Dasa Darma Memahami Dasa Darma Reviewed by SMK LPMD KABUN on 00.03.00 Rating: 5